fbpx
menganalisis-peluang-usaha

Cara Menganalisis Peluang Usaha Bagi Pemula

Menganalisis peluang usaha memang menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan bagi para pelaku bisnis. Apalagi Anda merupakan pelaku bisnis pemula yang mana belum mempunyai pengalaman dalam menjalankan sebuah usaha bisnis. Dengan mengetahui mengenai cara menganalisis peluang usaha akan membuat Anda siap dalam menghadapi persaingan dan segala macam tantangan dalam berbisnis.

Tujuan  Menganalisis Peluang Usaha

Sebelum memulai sebuah peluang bisnis 2020, ternyata Anda memerlukan sebuah analisis peluang usaha. Tujuan dari analisis ini adalah untuk mendukung kesuksesan dalam bisnis di masa sekarang dan mendatang.

Pasalnya, pada awal menjalankan sebuah bisnis tidak sedikit wirausaha yang harus mengalami  keraguan pada hari mendefinisikan produk atau jasa yang akan mereka jual. Dengan begitu, apabila Anda melakukan bisa melakukan analisis peluang usaha maka Anda tidak akan lagi mengalami keraguan dalam berbisnis. Jika pun ada hambatan selama berbisnis, Anda sudah siap buat menghadapinya..

Analisis peluang usaha sangat erat kaitannya dengan strategi perusahaan serta ide bisnis yang baru. Hal ini disebabkan karena analis peluang usaha sangat berguna buat menyusun strategi perusahaan, penjualan, sampai dengan membuat ide bisnis baru. Hal ini karena setiap bisnis pasti mempunyai tujuan tertentu yang hendak ingin digapai. Oleh karena itu, ada beberapa kriteria yang sangat perlu dipenuhi pada saat Anda ingin menjalankan bisnis baru.

Selain itu,, ada beberapa tujuan dalam menganalisis peluang usaha. Berikut ini penjelasannya :

  1. Mencegah terjadinya kerugian atau kebangkrutan suatu bisnis usaha
  2. Mengetahui mengenai produ atau jasa yang dibutuhkan oleh pasar setempat. Dengan kata lain, Anda bisa membaca target pasar
  3. Mengetahui minat para calon konsumen terhadap produk dan jasa apa yang ditawarkan atau diperlukan
  4. Mengetahui rugi laba selama menjalan bisnis
  5. Bisa menetapkan teknik pemasaran yang tepat. Sehingga bisnis akan tepat pada sasaran
  6. Bisa dijadikan sebagai prediksi atau tolak ukur mengenai usia bisnis atau berapa lamakah bisnis bisa bertahan
  7. Untuk mengetahui apakah peluang usaha yang Anda jalankan layak buat diteruskan atau tidak
  8. Untuk mengetahui siapa saja pesaing dalam bisnis Anda

Baca Juga : Usaha Waralaba Modal Kecil dan Menguntungkan

Cara Menganalisis Peluang Usaha 2020

Proses menganalisis peluang usaha bisa dilakukan menggunakan sebuah metode yang bernama SWOT. SWOT adalah singkatan dari Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat. Dengan begitu, Anda tidak akan mudah gegabah dalam mengambil keputusan dalam berbisnis. Selain itu, Anda juga secara itu bisa mempertimbangkan dengan matang beberapa hal yang terkait untuk kelancaran bisnis.

Untuk memahami lebih jelas mengenai  cara analisis peluang bisnis, yuk simak penjelasan berikut ini ya.

1.      Strength (Kekuatan)

Yang dimaksud dengan kekuatan di sini adalah anda harus paham mengenai apa saja keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan atau usaha bisnis yang Anda jalankan. Kekuatan utama bisnis ini dapat mempengaruhi secara positif baik untuk saat ini maupun kedepannya. Kekuatan bisnis dapat diketahui dengan cara mengajukan beberapa pertanyaan berikut ini, yaitu :

  • Apa saja keunggulan dari usaha bisnis ?
  • Apakah kelebihan usaha bisnis Anda yang tidak dimiliki oleh pesaing bisnis Anda?
  • Apa saja yang menjadi keunikan dalam bisnis Anda?
  • Hal apakah yang membuat perusahaan Anda diskes dalam penjualan selama ini?
  • Apa saja keunggulan dari bisnis Anda di mata konsumen yang menjadi ciri khas?

2.      Weakness (Kelemahan)

Weakness adalah suatu hal yang menunjukkan kelemahan dari usaha bisnis yang Anda jalankan. Hal ini perlu Anda ketahu karena dapat memberikan pengaruh negatif pada usaha bisnis saat ini dan ke depannya. Untuk mengetahui apa saja sih kelemahan dari bisnis Anda, ajukan pertanyaan berikut ini, yaitu :

  • Hal apa saja yang bisa diperbaiki dari usaha bisnis yang Anda jalani?
  • Hal apa yang sebaiknya harus dihindari oleh usaha bisnis Anda?
  • Faktor- faktor apa saja yang membuat penjualan produk Anda menurun saat ini?
  • Aoa saja sepak terjang dari kompetitor sehingga bisnis pesaing  lebih baik dari pada bisnis Anda?

3.      Opportunities ( Peluang)

Opportunities atau peluang menunjukkan sebuah peluang usaha yang dimiliki oleh suatu bisnis sehingga mempunyai sebuah kesempatan untuk bisa berkembang menjadi lebih baik dan besar di masa mendatang. Ini merupakan cara menganalisis peluang usaha yang sangat bagus dengan cara mengajukan dan menjawab pertanyaan berikut ini .

  • Apakah ada beberapa kesempatan yang dimiliki oleh bisnis Anda? Jika Iya, kesempatan apa yang dimiliki oleh usaha bisnis  Anda pada saat ini?
  • Hal apa saja yang sedang menjadi tren dan sejalan dengan usaha bisnis And
  • ?Kesempatan apa yang dimiliki oleh perusahaan saat ini?

4.      Threat (Ancaman)

Threat atau ancaman menunjukkan segala hal yang mungkin akan menjadi kendala dalam usaha bisnis yang akan Anda lakukan. Gak mungkin kan bisnis akan berjalan dengan lancar terus. Pasti ditengah perjalanan akan ada kendala yang terjadi. Justru inilah yang menjadi tantangan tersendiri bagi Anda pelaku bisnis. Untuk mengetahui ancaman apa yang terjadi, berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang dapat Anda jadikan acuan

  • Apakah saja kendala yang akan dihadapi oleh usaha bisnis Anda pada saat ini ?
  • Hal apa saja yang sedang atau sudah dijalankan oleh kompetitor usaha bisnis Anda?
  • Kemajuan teknologi apa saja yang menjadi ancaman dalam usaha bisnis Anda pada saat ini?
  • Apa saja peraturan pemerintah yang baru yang mana sekiranya akan dapat mengancam kemajuan dari usaha bisnis Anda?

Itu empat hal yang bisa Anda gunakan dalam menganalisis peluang bisnis. Anda bisa melakukan untuk mengetahui banyak mengenai berbagai masalah peluang bisnis 2020. Selain itu, Anda juga bisa gunakan sebagai patokan buat mengetahui nasib usaha bisnis Anda ke depannya.

Peluang Bisnis Menjanjikan 2020

Jika kita amati, saat ini ada banyak sekali berbagai macam peluang usaha bisnis yang ditawarkan. Mulai dari bisnis makanan, , dan sebagainya. Semua bisnis tersebut banyak dilakukan karena dipercayai banyak mendatangkan keuntungan.

Salah satunya adalah bisnis jual kebab. Pasti Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan makanan satu ini?

Kebab merupakan makanan khas timur tengah yang mempunyai rasa sangat enak. Tidak hanya di negara Timur Tengah , kebab saat ini juga sudah merambah pasaran Indonesia.

Hal bisa Anda lihat bagaimana banyak berkembang peluang usaha waralaba yang menawarkan penjualan kebab. Salah satunya adalah corner kebab.

Corner kebab merupakan sebuah bisnis waralaba yang banyak berkembang dan sudah mempunyai banyak cabang di seluruh  Indonesia. Omzet penjualannya pun rumayan tinggi. Sehari saja Anda bisa mengantongi untung sebesar 500 ribu. Coba bayangkan kalau sebulan berapa? Banyak ya? Hehe

Jika Anda ingin bergabung menjadi mintra Corner Kebab, Anda bisa melihat di cornerkebabonline.com. Jadi, yuk bergabung dengan usaha bisnis ini. Jangan lupa juga ya buat menerapkan cara menganalisis peluang usaha.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *