Keuntungan Dengan Waralaba Sistem Syariah

Waralaba syariah

Keuntungan Waralaba syariah Sistem Syariah

Waralaba syariah adalah sebuah program bisnis atau sebuah model kerja sama bisnis di Indonesia yang sekarang ini semakin populer. Ratusan orang mendaftarkan diri untuk mengikuti bisnis kerjasama waralaba syariah di berbagai peluang usaha, mulai dari waralaba dengan skala yang cukup kecil sampai franchise kelas kakap yang mematok modal ratusan juta untuk mencapai kesuksesan dalam sebuah bisnis. Perkembangan bisnis waralaba syariahpun tergolong cepat di Indonesia, lalu apakah bisnis waralaba syariah ini termasuk bisnis yang aman dilakukan terutama bagi muslim?

Jawabanya adalah sangat aman, karena kini waralaba ada dengan system syariah. Sesuai dengan namanya, waralaba system syariah adalah bisnis waralaba syariah dengan konsep islami anti adanya riba. Beberapa sector usaha yang ada di waralaba syariah diantaranya adalah perkebunan, kesehatan, jasa, teknologi, otomotif dan masih banyak lagi. Waralaba syariah sendiri berasal dari kata “ wara “ yang berarti lebih, dan “laba “ yang artinya untung. Jadi jika disatukan artinya adalah untung lebih.

Waralaba syariah system syariah

Waralaba syariah juga dikenal dengan istilah lain dalam bahasa inggris yaitu franchise. Franchise merupakan perikatan antara pemberi waralaba syariah dengan penerima waralaba syariah dimana penerima waralaba syariah akan mendapatkan hak untuk menjalankan usaha dengan memanfaatkan hak kekayaan intelektual. Perlu juga Anda ketahui bahwa ada beberapa keuntungan dari melakukan bisnis waralaba. Beberapa keuntungan dari mengikuti bisnis waralaba syariah adalah :

  1. Resiko kegagalan berbisnis lebih kecil

Ketika Anda memutuskan dengan matang akan mulai terjun di dunia bisnis waralaba, Anda harus memilih waralaba syariah yang berkualitas dan terbukti keuntungannya. Menurut pengalaman sebagian orang yang mengikuti bisnis ini, mereka mengatakan bahwa membangun bisnis independen atau mandiri yang dimulai dari nol memiliki resiko yang lebih besar untuk gagal namun berbeda hal nya dengan berbisnis waralaba, ketika Anda mengikuti program waralaba syariah bisa dipastikan bahwa resiko kegagalan bisnis para franchise cukup kecil sekitar 20 % sampai 30 % saja.

  1. Mendapatkan bimbingan untuk berbisnis

Keuntungan selanjutnya yang akan Anda rasakan ketika mengikuti waralaba syariah adalah adanya berbagai bantuan bisnis dari pemilik waralaba, salah satu contoh adalah berupa peralatan, bahan baku, konsultasi, pelatihan dan promosi usaha. Tentus saja beberapa hal tersebut sangat berguna untuk modal mengembangkan bisnis Anda.

  1. Memasarkan merek yang sudah populer

Karena waralaba syariah adalah bisnis yang instan, Anda tidak perlu repot menciptakan sebuah brand baru yang membuat Anda mempromosikan brand atau merek baru yang belum pasti akan mendapat perhatian dari masyarakat. Karena Anda hanya perlu memasarkan kembali sebuah brand yang sudah dikenal masyarakat luas. Dengan ini Anda akan dengan mudah mendatangkan konsumen.

Setelah mengetahui keuntungan bisnis waralaba syariah pasti belum lengkap jika tidak sekalian mengetahui kekurangan dalam berbisnis waralaba syariahini. beberapa kekurangan dari waralaba syariah yaitu :

  1. Biaya relative lebih mahal
  2. Terkukung dengan konsep yang sudah disepakati di waralaba
  3. Taruhan reputasi bersama

Jadi keuntungan utama waralaba syariah ketika bergabung adalah brand produk usaha yang kita pasarkan telah dikenal baik oleh konsumen sehingga kita bisa dengan mudah melakukan pemasaran. Setelah mengetahui banyak mengenai keuntungan dari waralaba apakah Anda tidak ada minat untuk ikut bergabung di waralaba syariah? Silahkan daftarkan diri Anda untuk mengawali kesuksesan yang nyata!