FAQ

Pertanyaan yang sering di ajukan

Franchisee

Q :  Apa syarat menjadi franchisee (mitra usaha) Corner Kebab ?
A : Anda harus menyukai bisnis dan produk kebab. Memiliki jiwa wirausaha yang kuat dan bersemangat untuk senantiasa mengembangkan usaha Corner Kebab.

Q : Bagaimana prosedur untuk menjadi franchisee Corner Kebab ?
A :  Anda harus menyediakan tenaga kerja yang sesuai dengan kriteria Pramuniaga Corner Kebab, selain itu juga dibutuhkan lokasi usaha strategis untuk outlet. 2 poin ini menjadi syarat utama pengajuan Franchise Corner Kebab.
Untuk lebih jelas urutan prosedurnya bisa dilihat di diagram tahapan menjadi Franchisee.

Q : Apakah Corner Kebab dikenakan Royalty Fee atas brand dan support system ?
A :Tidak. Selama 5 tahun kontrak kerjasama, Franchisee hanya diwajibkan membeli bahan baku utama di kantor Pusat.

Q : Apakah Franchise diharuskan memberikan laporan keuangan bulanan ke kantor pusat Corner Kebab ?
A : Ya, Laporan software keuangan outlet harus di email per bulannya agar pusat bisa memberikan evaluasi dan saran untuk franchisee mandiri Corner Kebab.

Ruang Dan Lokasi

Q : Berapa ukuran ruang yang dibutuhkan untuk tipe outlet Gerobak atau Booth di mall ?

A : Gerobak = 2,2 x 1,2 m. Untuk booth / Indoor / island = Special design, menyesuaikan dengan luasan stand yang disediakan pemilik gedung.

Q : Apa saja syarat dan ketentuan pemilihan lokasi ?
A : Lokasi yang strategis menurut kami biasanya berada di pusat keramaian. Misalnya pertokoan, mall, kampus, sekolah, dan lalu lintas di depan lokasi tidak terlalu cepat (high speed).

Q : Bagaimana jika saya belum mendapatkan lokasi ? Apakah ada bantuan survey lokasi dari Pusat ? Jika ada, berapa biayanya ?
A : Kami akan membantu untuk mencarikan lokasi yang strategis dengan maksimal alternatif 3 titik lokasi, sehingga calon franchisee bisa memilih lokasi yang strategis untuk outletnya. Biaya survey lokasi untuk area JABODETABEK adalah sebesar Rp. 500.000,-, bergaransi omset rata rata diatas Rp.300.000,- dalam 1 bulan.

Q : Bagaimana jika di kota kami sudah ada outlet Corner Kebab ?
A : Tidak masalah apabila ada beberapa outlet dalam satu kota atau satu wilayah, asalkan radius antar outlet minimal 1,5 km.

Q : Jika ternyata di suatu lokasi penjualan outlet Corner Kebab tidak bagus, apakah bisa pindah lokasi/relokasi ke tempat lain ?
A : Bisa. Sebisa mungkin relokasi tidak terjadi. Namun jika lokasi outlet ternyata memang tidak efektif maka outlet bisa dipindahkan dengan melakukan pemberitahuan pada kantor pusat dan memenuhi aturan radius outlet sejauh 1,5 km dari outlet Corner Kebab yang lainnya.

Q : Saya sudah ada tempat yang sudah di desain, apa saya bisa ambil franchisee Corner Kebab saja tanpa booth / gerobak nya?
A : Bisa, namun special design harus mendapatkan persetujuan dulu dari franchisor Corner Kebab.

Q : Jika lokasi sudah dapat dan saya sudah membayar Commitment Fee (CF) sebesar 5 juta dari total investasi, apa yang saya lakukan selanjutnya? Apakah hanya menunggu sampai outlet terkirim beserta perlengkapannya kepada kami?
A: Jika Franchisee sudah membayar CF sebesar 5 juta dari total Investasi, tahapan selanjutnya adalah Franchisee menandatangani MOU dan melunasi biaya investasi. Outlet dan perlengkapan baru akan dikirim setelah pelunasan dari pihak Franchisee.

Pengiriman Outlet

Q : Bagaimana proses pengiriman outlet beserta perlengkapan Corner Kebab kepada calon franchisee?
A : Untuk pengiriman outlet luar kota, kami biasanya menggunakan pick up milik kami sendiri. Apabila diluar pulau, kami menggunakan jasa ekspedisi kapal laut. Selain itu kami juga menyarankan untuk memberi rekomendasi ekspedisi apabila franchisee mempunyai kolega ekspedisi untuk pengiriman outlet tersebut.

Q : Biaya pengiriman outlet beserta perlengkapan Corner Kebab di tanggung oleh siapa?
A :  Untuk pengiriman area JABODETABEK Biaya tersebut akan ditanggung oleh Corner Kebab. Diluar JABODETABEK atau luar Jawa akan dikenakan biaya ekspedisi (kargo) pengiriman outlet.

Q : Apakah outlet Corner Kebab dan perlengkapannya menjadi milik franchisee? atau hanya diberi ijin mengelola ? Dan apakah bisa di pindah tangankan/takeover ?
A : Ya. Booth/ gerobak dan perlengkapan adalah milik franchisee sebagai pengelola outlet. Untuk pindah tangan / takeover franchisee lama wajib menyelesaikan biaya administrasi takeover. Pusat akan melakukan training ulang kepada franchisee baru yang mengambil outlet takeover.

Tentang Produk dan Bahan Baku

Q : Apakah franchisee Corner Kebab diperbolehkan menjual produk lain di luar menu dari Pusat ? Jika boleh, apa saja syarat dan ketentuannya ?
A :  Maaf, hal itu sepertinya tidak memungkinkan, kecuali menu minuman (yang harus mendapatkan persetujuan dari Pusat terlebih dahulu). Contoh : minuman kemasan.

Q : Berapa harga jual per menu Corner Kebab ?
A : Harga disesuaikan per wilayah. Namun jika di suatu lokasi harganya diputuskan oleh manajemen untuk dijual lebih mahal, hal itu disebabkan besarnya biaya sewa misal di MALL atau di foodcourt.

Q : Bagaimana cara pengiriman bahan bakunya ? Dan siapa yang menanggung biaya pengirimannya?
A : Pengirimannya bisa menggunakan ekspedisi via darat, udara, atau laut, dan yang menanggung biaya pengiriman adalah Franchisee. Namun Franchisee tidak perlu khawatir mengenai biaya ini apakah akan membuat harga jual menjadi tinggi, karena Pusat sudah memperhitungkan biayanya beserta penyesuaian harga jual setiap wilayah. Sehingga profit margin laba masih bisa didapat oleh Franchisee.

Q : Apa saja bahan baku yang harus dipenuhi Franchisee ?
A : Bahan baku utama yang WAJIB dibeli dari pihak Pusat Corner Kebab yaitu: Daging Kebab, Tortilla, Packaging, Saus, Mayones, Roti, Patties, Maryam, dll. Kecuali sayuran diperbolehkan membeli di Pasar setempat.

Q :  Berapa lama batasan kadaluarsa dari masing-masing jenis bahan baku ? Bagaimana ketentuan penyimpanan bahan baku ?
A : Bahan baku utama seperti daging kebab dan tortilla bisa tahan selama 1 tahun apabila penyimpanannya dalam kondisi beku di freezer dan sesuai prosedur. Semua bahan baku disimpan dalam freezer kecuali saos, mayones, sayuran, packaging, dan keju, beberapa bahan dibutuhkan disimpan dalam chiller.

Tentang Operator/Karyawan

Q : Apa saja spesifikasi dan syarat operator / karyawan outlet yang dibutuhkan ?

A : Minimal lulusan SMP/ SMA/ K, rapi, dan lulus dalam training sebagai karyawan operator outlet.

Q : Bagaimana standar waktu kerja operator/karyawan ?
A : Delapan jam kerja atau menyesuaikan dengan lokasi outlet. Misalkan di mall jam kerjanya 10 jam (konsekuensinya ada tambahan uang insentif bagi operator). Dan untuk Tipe Kiosk 24 Jam, jam kerja dibagi menjadi 3 shift @8 Jam).

Q :  Berapa standar gaji karyawan operator?
A : Sesuai dengan ketentuan sistem gaji pramuniaga yang telah ditetapkan oleh Pusat Corner Kebab.

Q : Untuk SDM / operator / karyawan apakah disediakan dari pusat ?
A : Franchisee Mandiri mencari tenaga operator/karyawan sendiri, maka kami akan memberikan training pada calon operator tersebut hingga siap bekerja.

Q : Di mana training dilakukan ? Apakah semua training dilakukan di Pusat atau bisa di Branch Office atau bisa juga di tempat calon Franchisee ?
A : Training dan magang dapat dilakukan di Kantor pusat, Franchisee mengirimkan tenaga kerja nya ke Pusat ( Tangerang Selatan) dengan membekali biaya akomodasi. Pusat menyediakan tempat tinggal selama proses training. Untuk training diluar pulau Jawa, franchisee Mandiri menanggung biaya transport dan akomodasi trainer yang dikirim.